It’s time for rest and relax..

Ya begitulah kalo tiap libur kerja, santai, bangun bisa agak siang (tidur lagi setelah subuh),  mustinya olah raga pagi ini tapi lagi sakit perut. Gimana kalo meditasi aja ya?  hehehe….. Libur selalu menyenangkan buat gue, walaupun lebih sering dirumah tetap menyenangkan bisa berkumpul dan bercengkrama sama keluarga.

Ngomongin tentang sarapan pagi, ternyata sarapan pagi itu penting lho..

Mungkin banyak di antara kita yang sering melewatkan waktu makan pagi. Alasannya klasik, bisa karena tidak sempat atau tidak mau kegemukan. Padahal, sarapan itu tidak membuat berat badan naik seketika. Justru dengan makan pagi, kita sudah membantu metabolisme tubuh untuk bekerja dengan baik sepanjang hari. Hasilnya, tubuh akan berenergi sepanjang hari.

Menurut penelitian, orang yang meluangkan waktu untuk sarapan bisa dipastikan dapat berkonsentrasi dan melakukan tugas-tugasnya dengan produktif dan tidak mudah lemas karena kehabisan energi. Sebaliknya, jika tubuh tidak diberi makanan pada waktu memulai hari maka metabolisme akan berjalan lebih lambat sehingga tubuh tidak membakar lemak secara maksimal.

Ogah sarapan karena kuatir menjadi gemuk? Wah, salah besar tuh. Kalau tubuh sudah diberi energi di pagi hari dengan sarapan, maka kita dapat mengatur nafsu makan supaya tidak merasa lapar terus. Jadi keinginan untuk mengemil bakal berkurang.

Tapi ingat lho, sebaiknya kita tidak sembarang mengkonsumsi makanan untuk menu sarapan. Pilihan terbaik adalah telur rebus karena ini merupakan sumber protein berkualitas terbaik, zat besi dan vitamin A yang mantap sebagai energi sepanjang hari. Alternatif lainnya adalah buah-buahan segar, seperti apel atau pisang yang dapat mengenyangkan perut sampai waktu makan siang tiba.

Kalau kita ingin mengkonsumsi susu untuk pasangan sereal, pastikan yang tanpa lemak. Begitu juga dengan roti sebaiknya pilih yang terbuat dari gandum. Mengapa? Karena lebih banyak mengandung serat sehingga dapat menurunkan kolesterol. Coret deh menu sarapan yang banyak muatan minyak, gula dan lemak karena sebenarnya tidak sehat. Jadi kalau terbiasa makan nasi goreng sebaiknya ganti dengan bubur plus telur rebus atau campur roti gandum dengan sayur-sayuran ketimbang mentega dan selai.

Nah sekarang buang jauh-jauh pemikiran takut gemuk karena sarapan pagi coz puentiiiing banget buat kesehatan. Sepengggal cerita tentang sarapan pagi, semoga bermanfaat.

 

Advertisements